RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Seputih Banyak
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Standar Kompetensi : 2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
Kompetensi Dasar : 2.5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat.
Indikator : 1.Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat.
2.Menentukan besaran masalah tersebut sebagai variable dan membuat model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
3.menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat.( nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu dan Mandiri);
b. Peserta didik dapat menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel dan membuat model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.( nilai yang ditanamkan: Teliti dan Kreatif);
c. Peserta didik dapat menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.( nilai yang ditanamkan: Kerja Keras dan Pantang Menyerah) .
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja Keras dan Pantang Menyerah
B. Materi Ajar
Penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah.
- Penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat. | · Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat. | · Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, · Peserta didik dapat menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel dan membuat model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat. · Peserta didik dapat menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat. |
D. Langkah - langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
Pendahuluan
· Apersepsi : Mengingat kembali mengenai persamaan dan fungsi kuadrat.
· Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat mengidentifi-kasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasil penyelesaian masalah tersebut.
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan pengidentifikasian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, penentuan besaran masalah tersebut sebagai variabel, pembuatan model matematikanya, dan penyelesaian modelnya. (Bahan : buku paket, yaitu Buku Matematika SMA 1 untuk Kelas X ,karangan Drs. Sartono Wirodikromo, penerbit ERLANGGA (hal.72-76 dan 90-92) mengenai pengaplikasian persamaan dan/atau fungsi kuadrat dalam pemecahan masalah).
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing - masing kelompok terdiri dari 3-5 orang. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
b. Dalam kelompok, masing-masing peserta didik berdiskusi mengenai: (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
1. Pengidentifikasian masalah sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat.
2. Penentuan besaran masalah yang dirancang sebagai variabel persamaan atau fungsi kuadrat.
3. Perumusan persamaan atau fungsi kuadrat yang merupakan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain, atau kehidupan sehari-hari.
4. Penyelesaian model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain, atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat.
c. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
d. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara mengiden-tifikasi masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, menentukan besaran masalah tersebut sebagai variabel, membuat model matematikanya, dan menyelesaikan model dari masalah tersebut. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
e. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 108-109 mengenai pengidentifikasian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, penentuan besaran masalah tersebut sebagai variabel, pembuatan model matematikanya, dan penyelesaian model dari masalah tersebut. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah)
f. Setiap kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. 109-110 sebagai tugas kelompok. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
g. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali mengenai penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai pengidentifikasian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, penentuan besaran masalah tersebut sebagai variabel, pembuatan model matematikanya, dan penyelesaian model dari masalah tersebut. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi pengidentifikasian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat, penentuan besaran masalah tersebut sebagai variabel, pembuatan model matematikanya dan penyelesaian model dari masalah tersebut dalam buku paket pada (hal.72-76 dan 90-92) yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
Pertemuan Kedua
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali mengenai penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
Motivasi : Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai penentuan persamaan kurva dari sebuah fungsi kuadrat dengan ciri-ciri tertentu dan penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
b. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
c. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang sistem persamaan linear dan kuadrat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Teliti, Kreatif, Kerja keras dan Pantang Menyerah);
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
· Buku paket, yaitu Buku Matematika SMA 1 untuk Kelas X ,karangan Drs. Sartono Wirodikromo, penerbit Erlangga (hal.72-76 dan 90-92),
· Buku referensi lain.
Alat :
· Laptop
· LCD
F. Penilaian
Teknik : tugas kelompok, ulangan harian.
Bentuk Instrumen : uraian singkat dan uraian obyektif
Contoh Instrumen :
1. Seutas kawat mempunyai panjang 40 cm. Kawat itu dibentuk menjadi persegi panjang dengan panjang x cm dan lebar y cm. Luaspersegi panjang dinyatakan dengan L (CM).
a. Natakan L sebagai fungsi x.
b. Carilah luas persegi panjang yang terbesar
2. Selisih dua bilangan positif sama dengan 10 sedangkan hasil kali kedua bilangan itu 75. Tentukan kedua bilangan tersebut!
3. Suatu persegi panjang mempunyai kelililng 60 cm , carilah luas terbesar dari persegi panjang tersebut!
4. Selembar karton persegi panjang akan dibuat kotak tanpa tutup dengan cara mwembuang persegi seluas 2 x 2 cm dimasing-masing pojoknya. Panjang bidang alas kotak itu 90 cm. Tentukan panjang dan lebar alas kotak tersebut!
5. Jumlah dua bilangan sama dengan 30. Hasil kali kedua bilangan tersebut sama dengan 200. Tentukan bilangan-bilangan itu!
Seputih Banyak, 10 Januari 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Dra. E.B. Ambarwati, S.PD, M.Pd Intan Dwi Widyawati
NIP: 196503021995011021 NPM: 09311469
Tidak ada komentar:
Posting Komentar