PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar
untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan
pelajaran. Ada dua buah konsep kependidikan yang berkaitan satu sama lainnya,
yaitu belajar (learning) dan pembelajaran
(instruction). Konsep belajar berakar
pada pihak peserta didik dan konsep pembelajaran berakar pada pihak pendidik.
Dilihat dari sudut proses,
bahwa pendidikan adalah proses dalam mempengaruhi peserta didik supaya mampu
menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya sehingga menimbulkan
perubahan pada dirinya. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam
meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan upaya mewujudkan cita-cita bangsa
Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan
bangsa. Pemerintah merumuskan dalam UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional yang menjelaskan bahwa pendidikan dilakukan agar
mendapatkan tujuan yang diharapkan bersama, yaitu:
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembanganya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
|
Berdasarkan hasil prasurvei
yang penulis lakukan di ..., diperoleh data hasil belajar
matematika siswa kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2008/2009. Dari data
yang diperoleh, terlihat bahwa sebagian besar siswa memiliki hasil belajar yang
rendah. Hal ini dapat dilihat pada tabel berikut.
Tabel 1. Data Nilai Ujian
Akhir Semester Ganjil Pelajaran Matematika Kelas VII Tahun
Pelajaran 2008/2009.
No
|
Nilai
|
Kategori
|
Jumlah Siswa
|
Persentase
|
1
|
60
|
Tuntas
|
11
|
34,375 %
|
2
|
< 60
|
Tidak Tuntas
|
21
|
65,625 %
|
Jumlah
|
32
|
100 %
|
Sumber: Daftar Nilai Ujian
Semester Ganjil Kelas VIIB Semester Ganjil Tahun Pelajaran
2008/2009.
Dari hasil wawancara dengan
guru bidang studi matematika kelas VII diketahui
bahwasannya setiap siswa mempunyai cara belajar yang berbeda-beda. Masih banyak
siswa yang mempunyai cara belajar yang kurang baik, seperti belajar dengan waktu
yang tidak teratur (tidak mempunyai jadwal), sering terlambat masuk sekolah,
jarang mengerjakan tugas bahkan ada yang jarang memperhatikan pelajaran yang
diberikan guru di sekolah. Keberhasilan proses pembelajaran harus ditunjang
dengan cara belajar yang baik. Cara belajar yang baik ini meliputi: mengulangi
kembali pelajaran yang diberikan di sekolah, mengerjakan tugas-tugas, posisi
duduk dalam belajar harus baik, disiplin terhadap jadwal belajar dan lain
sebagainya. Siswa yang cara belajarnya kurang baik, ia akan mengalami kesulitan
dalam menyerap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Dari uraian diatas, diketahui
bahwa siswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Jika seorang guru tahu
cara belajar yang diinginkan siswa tentu saja hasil belajar yang diinginkan
akan tercapai. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis mengadakan penelitian
ilmiah dengan judul: “ANALISIS CARA BELAJAR SISWA DITINJAU CARI TIPOLOGI
BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL PELAJARAN
2009/2010”.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
masalah di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah:
1. Bagaimanakah tipologi belajar siswa kelas
VII semester ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010 ?
2. Bagaimanakah cara belajar siswa ditinjau
dari tipologi belajar siswa kelas VII semester ganjil
Tahun Pelajaran 2009/2010 ?
C.
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin
dicapai melalui penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui tipologi belajar siswa
kelas VII semester ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010.
2. Untuk mendeskripsikan gambaran cara
belajar siswa ditinjau dari tipologi belajar siswa kelas VII semester ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010.
D.
Kegunaan Penelitian
Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan informasi yang terkait
dengan pembelajaran khususnya untuk guru dan calon guru agar dapat mengetahui
tipologi belajar siswa sebelum proses belajar mengajar dimulai, sehingga guru
dapat mengetahui cara belajar yang disukai oleh para siswa.
E.
Ruang Lingkup Penelitian
Agar tidak terjadi
penyimpangan permasalahan dari penelitian yang akan dilakukan, maka ruang
lingkup penelitian ini dibatasi sebagai berikut:
1. Sifat penelitian adalah deskriptif
kualitatif.
2. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII .
3. Obyek formal penelitian adalah cara
belajar siswa.
4. Obyek material penelitian adalah tipologi
belajar siswa.
5. Waktu yang digunakan dalam penelitian
adalah semester ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010.
6. Lokasi
penelitian Metro.
Pada Kotak Komentar.
mau liat BAB II, II, , IV, dan V nya dong~ please.... kirim ke email saya marlanialfanta@yahoo.com
BalasHapusTerimakasih banyak sblmnya :D
lihat bab II, III, IV,V
BalasHapusvefyi.vefra@gmail.com
TOLONG kirim bab selanjutnya ke email saya faustinusadven@gmail.com
BalasHapustolong email dong ke email saya purri409@gmail.com
BalasHapusTolong kirim ke email saya dong, dwi.rahmawati926@gmail.com
BalasHapustolong kirim ke email saya gan, reinhardmalau@gmail.com
BalasHapusefriyadi09@gmail.com
BalasHapustolong ya...penting banget untuk contoh penelitian saya
terimakasih
Marishaoctaviani28@gmail.com
BalasHapusKirim ya kak lanjutannya aku butuh bgt ..
aprillina204@gmail.com tlong krim ke email saya ya min, perlu referensi sayanya
BalasHapusFaisalaig3@gmail.com
BalasHapusSaya Masih Mencari Referensi Untuk penelitian Tugas Akhir saya. Semoga Anda Bisa Membantu dan Bisa jadi Referensi untuk Tugas Akhir saya. Terima Kasih Banyak Sebelumnya.
bellamaharani71@gmail.com
BalasHapusTolong kirim ya admin saya butuh referensi untuk skripsi saya
BalasHapusKak lihat bab selanjutnya ya untuk referensi tugas akhir saya
BalasHapusnihanaufal22@gmail.com
BalasHapusnihanaufal22@gmail.com
BalasHapusKak lihat bab selanjutnya ya untuk referensi tugas akhir saya
BalasHapus