TOP NEWS

Ketika Kamu BERHASIL, Teman-Temanmu Akhirnya Tahu Siapa KAMU...dan Ketika Kamu GAGAL Kamu Akhirnya Tahu Siapa Teman-Temanmu...

Senin, 28 Mei 2012

Proposal Dan Sekripsi “Upaya Meningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Broken Triangle Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Tahun Pelajaran 2011/2012”

BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Dewasa ini pembangunan di Indonesia antara lain diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang berkualitas sangat diperlukan dalam pembangunan bangsa khususnya pembangunan di bidang pendidikan. Dalam era globalisasi ini, sumber daya manusia yang berkualitas akan menjadi tumpuan utama agar suatu bangsa dapat berkompetisi. Sehubungan dengan hal tersebut, pendidikan formal merupakan salah satu wahana dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas.
Pendidikan merupakan suatu aktivitas yang terencana untuk mencapai suatu tujuan pendidikan nasional namun banyak faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan. Secara garis besar faktor tersebut dibedakan menjadi dua yaitu faktor ekstern dan intern. Faktor ekstern adalah berupa fasilitas belajar, sarana dan perasarana, sekolah, guru, orang tua, media pendidikan, atau alat peraga dan metode mengajar yang dipergunakan oleh seorang guru, sedangkan faktor intern adalah berupa motivasi, kesehatan, bakat, intelegensi, dan kemampuan yang dimiliki anak didik.
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pemerintah Indonesia menempuh berbagai usaha yaitu usaha peningkatan mutu dengan perubahan kurikulum dan proyek-proyek peningkatan mutu lainya. Antara lain, proyek Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS), Proyek Perpustakaan, Proyek Bantuan Meningkatkan Manajemen Mutu (BMMM), Proyek Bantuan Imbal Swadaya (BIS), Proyek Pengadaan Buku Paket, Proyek Peningkatan Mutu Guru, Dana Bantuan Langsung (DBL), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan Bantuan Khusus Murid (BKM). Dengan memperhatikan sejumlah proyek tersebut dapat disimpulkan bahwa pemerintah telah banyak menghabiskan anggaran dana untuk membiayai proyek itu sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan.
Keberhasilan belajar siswa tidak hanya ditentukan oleh kemampuan yang dimiliki dan keaktifan belajarnya saja, tetapi juga motivasi yang ada pada siswa itu sendiri. Oleh karena itu tujuan akhir dari suatu proses pembelajaran adalah dicapainya target penguasaan materi yang disampaikan guru kepada siswa, di mana indikator pencapaian target tersebut yaitu hasil belajar siswa akan baik dan meningkat, apabila dalam proses pembelajaran terjadi interaksi aktif antara guru dan siswa. Belajar yang baik harus timbul dari keinginan siswa sendiri untuk mempelajari sesuatu. Hal ini dapat dilakukan apabila siswa tersebut memiliki rasa senang terhadap pelajaran tersebut. Belajar dikembangkan sesuai dengan cita-citanya dan harus memiliki motivasi atau dorongan yang besar terhadap pelajaran yang dipelajarinya.
Namun usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan ternyata belum dapat tercapai sepenuhnya di sekolah. Hal ini bisa dilihat dari masih rendahnya hasil belajar matematika siswa, seperti terjadi di SMP , di mana masih rendahnya rata-rata nilai ulangan harian kelas I semester 1 tahun pelajaran 2011/2012, Dari hasil prasurvei didapatkan nilai hasil belajar matematika kelas VIIF  adalah sebagai berikut :
    Tabel 1. Daftar Nilai Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIF SMP   Tahun Pelajaran 2011/2012
NO
Nilai
Kategori
Jumlah siswa
Presentasi
1
70
T
12
37%
2
70
TT
20
63%
Jumlah
32
100%
     Sumber : Daftar nilai kelas VII  semester ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012

Dari hasil observasi pada siswa yang tidak tuntas belajarnya, yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran pada siswa kelas VIIF  SMP Negeri  belum efektif yaitu:
1)            Siswa lebih banyak diam saat guru mengajukan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan yang diajukan guru.
2)            Banyak siswa yang berkelompok dengan siswa yang pandai saja, sehingga menyebabkan siswa yang pandai lebih mendominasi dalam pembelajaran maupun pengerjaan soal.
3)            Terdapat siswa yang tidak memperhatikan saat pembelajaran.
4)            Masih terdapat siswa yang tidak mengerjakan latihan yang diberikan guru.

Strategi pembelajaran yang diterapkan pada kelas VIIf SMP Negeri , adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, latihan serta pemberian tugas. Strategi ini  sudah cukup variatif karena tidak hanya menggunakan satu metode saja dalam mengajar. Dilihat dari hasil belajar siswa,  strategi yang diarahkan guru belum bisa membantu siswa untuk lebih baik. Hal ini mungkin disebabkan metode yang digunakan membuat pelajaran matematika menjadi membosankan. selain itu menyebabkan siswa belajar menghafal yang tidak mengakibatkan timbulnya pengertian dengan kata lain, penggunaan metode seperti di atas tidak dapat menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi bermakna.
Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan  menggunakan Broken Triangle.
Broken Triangle adalah model pembelajaran yang sering disebut juga dengan puzzle. dimana siswa mengelompokan soal yang terpisah-pisah ke dalam satu kesatuan konsep materi yang berbentuk segitiga.
Untuk menambah motivasi siswa dalam belajar, di mana proses pembelajaran menjadi lebih menarik, dapat dibantu dengan media yang menarik pula, seperti dalam hal ini penulis coba menggunakan media karton dalam pecahan segitiga, model ini sering disebut juga dengan puzzle, siswa mengelompokan materi yang terpisah-pisah (pecah-pecah) ke dalam satu kesatuan konsep materi yang terbentuk dalam segitiga. Umumnya digunakan pada materi yang berisi option-option. Siswa hendaknya mengelompokan option-option tugas masing-masing yang terbentuk dalam satu buah bentuk segitiga.
Hal ini sejalan dengan ide Blanchard (2001), bahwa strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) mendorong siswa belajar dari sesama teman dan bersama, sama halnya dengan menggunakan Broken Triangle bertujuan agar siswa mampu menerapkan dalam menyusun karton pada pecahan segitiga tersebut.
Diharapkan dengan Broken Triangle, siswa akan lebih termotivasi untuk belajar, lebih mudah memahami konsep yang bersifat abstrak, dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam belajar. Sebagaimana menyusun pecahan karton yang terbentuk dalam satu buah bentuk segitiga.
Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan penelitian tentang  Broken Triangle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran matematika.
Penelitian ini akan dilakukan pada siswa-siswi kelas VII semester genap SMP Negri  judul “UPAYA MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL  BROKEN TRIANGLE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI  TAHUN PELAJARAN 2011/2012”.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah maka disusun rumusan misalnya pada penelitian ini sebagai berikut :
1.      Apakah Broken Triangle dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012
2.      Apakah Broken Triangle dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012

C.    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012 melalui  Broken Triangle.

D.    Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi guru dan calon guru khususnya dibidang studi matematika tentang suatu alternatif strategi pembelajaran yaitu Broken Triangle yang dapat digunakan selama kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.

E.     Ruang Lingkup Penelitian
Adapun yang menjadi ruang lingkup dalam penelitian ini adalah :
  1. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP  Metro
  2. Obyek penelitian adalah penggunaan Broken Triangle, aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
  3. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
  4. Lokasi penelitian SMP Negeri .
  5. Waktu yang digunakan smester genap tahun pelajaran 2011/2012.
  6. Materi himpunan.

Untuk BAB II, III, IV, dan V dapatkan dengan meninggalkan E-mail di Kolom Komentar,
 Segera Dikirim !!!!

 

26 komentar:

  1. minta lanjutannya gan...
    simahfud@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti ya gan....
      ane lgi gk bwa LP sndiri???
      tolong di ingatka !!!!

      Hapus
  2. Balasan
    1. silahkan bang deni....
      semoga bermanfaat!!!

      Hapus
  3. . . wachhhhhhhh,, lagi bagi^ skripsi nich. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha....
      hanya menyumbangkan sdikt apa yang kita punya aj....
      wkwkwk

      Hapus
  4. model pembalajaran yang menarik bisa di coba, tolong minta lanjutannya please
    g.adella@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa agan...
      ada ganti beli paketan modem gk nie gan...
      hehehe
      :)

      Hapus
  5. permisii..,
    saya boleh minta tolong kirimkan lanjutannya?
    has_window@yahoo.com

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. permisi maaf tadi saya salah mengirimkan alamat email, kalo bisa tolong kirimkan mas yg baik hati baik berbagi ke alamat desisusan25@yahoo.com terimakasih sebelumnya

      Hapus
  7. mohon segera dikirim ke email saya bab 2-5 sebagai sumber belajar saya yang sedang belajar menyusun PTK, matur nuwun (denmastanto@gmail.com)

    BalasHapus
  8. saya juga mau gan...
    midardifat@yahoo.co.id
    terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  9. mas saya sudah pernah minta filenya lebih lanjut tetapi blm dikirm, blh saya minta mas urgent sekali untuk bahan referensi skripsi sayaa, sebagai imbalannya saya gantikan pulsa modem masnya.terima kasih sebelumnya di kirim ke email desisusan25@yahoo.com mohon bantuannya mas segera.

    BalasHapus
  10. Skripsinya sama dengan skripsi saya yang sedang dikerjakan, tapi saya objeknya yang saya lakukan di SMA. Apakah saudara bisa membantu saya dalam hal refrensi buku tentang model pembelajaran broken triangel. Karena saya baru ketemu 1 bukunya yaitu karangan kokom komalasari. Terima kasih

    BalasHapus
  11. tolong dikirim ya gan, ni alamat email saya agung.partii@gmail.com.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  12. tolong dikirim bab 2-5
    email: susantisrihandayani@gmail.com
    mksh sebelumnya

    BalasHapus
  13. kirimin donk gan
    saktiaja0003@gmail.com

    BalasHapus
  14. Tolong di kirim
    zulwandaandrie@gmail.com

    BalasHapus
  15. tolong dikirim lanjutannya.
    bab 2-5, karena referensi mengenai kelebihan dan kekurangan dari model ini belum saya dapat..
    umii.yati@gmail.com

    BalasHapus
  16. boleh tanya daftar pustaka yang ada metode broken triangle ini apa?, nama buku atau pengarangnya siapa?
    liaaprilliani60@yahoo.com

    BalasHapus
  17. apriliani,khoirunnisa@gmail.com
    mohon bantuannya,, :)

    BalasHapus
  18. ni emailku.. sartikaarifin@gmail.com
    mohon bantuannya yah saya butuh banget mengenai broken triangel

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ada revisi pada penulisan emailku...ni seharusnya.. sartikaarifin91@gmail.com

      Hapus
  19. email saya Fitrahin17@gmail.com
    mohon bantuannya

    BalasHapus