PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Dewasa ini pembangunan di Indonesia antara lain diarahkan
untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang
berkualitas sangat diperlukan dalam pembangunan bangsa khususnya pembangunan di
bidang pendidikan. Dalam era globalisasi ini, sumber daya manusia yang
berkualitas akan menjadi tumpuan utama agar suatu bangsa dapat berkompetisi. Sehubungan
dengan hal tersebut, pendidikan formal merupakan salah satu wahana dalam
membangun sumber daya manusia yang berkualitas.
Pendidikan merupakan suatu aktivitas yang terencana untuk
mencapai suatu tujuan pendidikan nasional namun banyak faktor yang menentukan
keberhasilan pendidikan. Secara
garis besar faktor tersebut dibedakan menjadi dua yaitu faktor ekstern dan
intern. Faktor ekstern adalah berupa fasilitas belajar, sarana dan perasarana,
sekolah, guru, orang tua, media pendidikan, atau alat peraga dan metode
mengajar yang dipergunakan oleh seorang guru, sedangkan faktor intern adalah berupa
motivasi, kesehatan, bakat, intelegensi, dan kemampuan yang dimiliki anak
didik.
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pemerintah
Indonesia menempuh berbagai usaha yaitu usaha peningkatan mutu dengan perubahan
kurikulum dan proyek-proyek peningkatan mutu lainya. Antara lain, proyek Manajemen
Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS), Proyek Perpustakaan, Proyek Bantuan
Meningkatkan Manajemen Mutu (BMMM), Proyek Bantuan Imbal Swadaya (BIS), Proyek
Pengadaan Buku Paket, Proyek Peningkatan Mutu Guru, Dana Bantuan Langsung
(DBL), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan Bantuan Khusus Murid (BKM). Dengan
memperhatikan sejumlah proyek tersebut dapat disimpulkan bahwa pemerintah telah
banyak menghabiskan anggaran dana untuk membiayai proyek itu sebagai upaya
meningkatkan mutu pendidikan.
Keberhasilan belajar siswa tidak hanya ditentukan oleh
kemampuan yang dimiliki dan keaktifan belajarnya saja, tetapi juga motivasi
yang ada pada siswa itu sendiri. Oleh karena itu tujuan akhir dari suatu proses
pembelajaran adalah dicapainya target penguasaan materi yang disampaikan guru
kepada siswa, di mana indikator pencapaian target tersebut yaitu hasil belajar
siswa akan baik dan meningkat, apabila dalam proses pembelajaran terjadi
interaksi aktif antara guru dan siswa. Belajar yang baik harus timbul dari
keinginan siswa sendiri untuk mempelajari sesuatu. Hal ini dapat dilakukan
apabila siswa tersebut memiliki rasa senang terhadap pelajaran tersebut.
Belajar dikembangkan sesuai dengan cita-citanya dan harus memiliki motivasi
atau dorongan yang besar terhadap pelajaran yang dipelajarinya.
Namun usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan
ternyata belum dapat tercapai sepenuhnya di sekolah. Hal ini bisa dilihat dari
masih rendahnya hasil belajar matematika siswa, seperti terjadi di SMP , di mana masih rendahnya rata-rata nilai ulangan harian
kelas I semester 1 tahun pelajaran 2011/2012, Dari hasil prasurvei didapatkan
nilai hasil belajar matematika kelas VIIF adalah sebagai berikut :
Tabel 1. Daftar Nilai Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIF
SMP Tahun Pelajaran 2011/2012
NO
|
Nilai
|
Kategori
|
Jumlah siswa
|
Presentasi
|
1
|
≥70
|
T
|
12
|
37%
|
2
|
≤70
|
TT
|
20
|
63%
|
Jumlah
|
32
|
100%
|
Sumber : Daftar nilai kelas
VII semester ganjil Tahun Pelajaran
2011/2012
Dari hasil observasi pada siswa yang tidak tuntas
belajarnya, yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran
pada siswa kelas VIIF SMP Negeri
belum efektif yaitu:
1)
Siswa
lebih banyak diam saat guru mengajukan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan
yang diajukan guru.
2)
Banyak
siswa yang berkelompok dengan siswa yang pandai saja, sehingga menyebabkan
siswa yang pandai lebih mendominasi dalam pembelajaran maupun pengerjaan soal.
3)
Terdapat
siswa yang tidak memperhatikan saat pembelajaran.
4)
Masih
terdapat siswa yang tidak mengerjakan latihan yang diberikan guru.
Strategi pembelajaran yang diterapkan pada kelas VIIf
SMP Negeri , adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah,
tanya jawab, latihan serta pemberian tugas. Strategi ini sudah cukup variatif karena tidak hanya
menggunakan satu metode saja dalam mengajar. Dilihat dari hasil belajar siswa, strategi yang diarahkan guru belum bisa
membantu siswa untuk lebih baik. Hal ini mungkin disebabkan metode yang digunakan membuat
pelajaran matematika menjadi membosankan. selain itu menyebabkan siswa belajar menghafal yang tidak
mengakibatkan timbulnya pengertian dengan kata lain, penggunaan metode seperti di
atas tidak dapat menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi
bermakna.
Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan
untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan Broken Triangle.
Broken Triangle adalah model
pembelajaran yang sering disebut juga dengan puzzle. dimana siswa mengelompokan
soal yang terpisah-pisah ke dalam satu kesatuan konsep materi yang berbentuk
segitiga.
Untuk menambah motivasi siswa dalam belajar,
di mana proses pembelajaran menjadi lebih menarik, dapat
dibantu dengan media yang menarik pula, seperti dalam hal ini penulis coba
menggunakan media karton dalam pecahan segitiga, model ini sering disebut juga
dengan puzzle, siswa mengelompokan materi yang terpisah-pisah (pecah-pecah) ke
dalam satu kesatuan konsep materi yang terbentuk dalam segitiga. Umumnya
digunakan pada materi yang berisi option-option. Siswa hendaknya mengelompokan
option-option tugas masing-masing yang terbentuk dalam satu buah bentuk
segitiga.
Hal ini sejalan dengan ide Blanchard (2001), bahwa
strategi CTL (Contextual
Teaching and Learning)
mendorong siswa belajar dari sesama teman dan bersama, sama halnya dengan
menggunakan Broken Triangle bertujuan
agar siswa mampu menerapkan dalam menyusun karton pada pecahan segitiga
tersebut.
Diharapkan dengan Broken Triangle, siswa akan lebih
termotivasi untuk belajar, lebih mudah memahami konsep yang bersifat abstrak,
dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam belajar.
Sebagaimana menyusun pecahan karton yang terbentuk dalam satu buah bentuk
segitiga.
Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan penelitian
tentang Broken Triangle untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar pada pelajaran matematika.
Penelitian ini akan dilakukan pada siswa-siswi kelas VII
semester genap SMP
Negri judul “UPAYA MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL BROKEN TRIANGLE PADA SISWA KELAS
VII SMP NEGERI TAHUN PELAJARAN 2011/2012”.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah maka disusun rumusan
misalnya pada penelitian ini sebagai berikut :
1.
Apakah Broken Triangle dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Metro
Tahun Pelajaran 2011/2012
2.
Apakah Broken Triangle dapat meningkatkan hasil
belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012
C. Tujuan
Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2011/2012
melalui Broken Triangle.
D. Manfaat
Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan
sumbangan pemikiran bagi guru dan calon guru khususnya dibidang studi matematika tentang suatu alternatif strategi
pembelajaran yaitu Broken Triangle yang dapat digunakan selama kegiatan pembelajaran untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
E. Ruang
Lingkup Penelitian
Adapun yang menjadi ruang lingkup dalam penelitian ini
adalah :
- Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Metro
- Obyek penelitian adalah penggunaan Broken Triangle, aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
- Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
- Lokasi penelitian SMP Negeri .
- Waktu yang digunakan smester genap tahun pelajaran 2011/2012.
- Materi himpunan.
Segera Dikirim !!!!
minta lanjutannya gan...
BalasHapussimahfud@gmail.com
nanti ya gan....
Hapusane lgi gk bwa LP sndiri???
tolong di ingatka !!!!
ane jugaminta ya gan....
BalasHapussilahkan bang deni....
Hapussemoga bermanfaat!!!
. . wachhhhhhhh,, lagi bagi^ skripsi nich. he..86x . .
BalasHapushahaha....
Hapushanya menyumbangkan sdikt apa yang kita punya aj....
wkwkwk
bisa agan...
BalasHapusada ganti beli paketan modem gk nie gan...
hehehe
:)
permisii..,
BalasHapussaya boleh minta tolong kirimkan lanjutannya?
has_window@yahoo.com
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuspermisi maaf tadi saya salah mengirimkan alamat email, kalo bisa tolong kirimkan mas yg baik hati baik berbagi ke alamat desisusan25@yahoo.com terimakasih sebelumnya
Hapusmohon segera dikirim ke email saya bab 2-5 sebagai sumber belajar saya yang sedang belajar menyusun PTK, matur nuwun (denmastanto@gmail.com)
BalasHapussaya juga mau gan...
BalasHapusmidardifat@yahoo.co.id
terima kasih sebelumnya...
mas saya sudah pernah minta filenya lebih lanjut tetapi blm dikirm, blh saya minta mas urgent sekali untuk bahan referensi skripsi sayaa, sebagai imbalannya saya gantikan pulsa modem masnya.terima kasih sebelumnya di kirim ke email desisusan25@yahoo.com mohon bantuannya mas segera.
BalasHapusSkripsinya sama dengan skripsi saya yang sedang dikerjakan, tapi saya objeknya yang saya lakukan di SMA. Apakah saudara bisa membantu saya dalam hal refrensi buku tentang model pembelajaran broken triangel. Karena saya baru ketemu 1 bukunya yaitu karangan kokom komalasari. Terima kasih
BalasHapustolong dikirim ya gan, ni alamat email saya agung.partii@gmail.com.
BalasHapusTerima kasih.
tolong dikirim bab 2-5
BalasHapusemail: susantisrihandayani@gmail.com
mksh sebelumnya
minta lanjutan nya bab 2-5
BalasHapuskirimin donk gan
BalasHapussaktiaja0003@gmail.com
Tolong di kirim
BalasHapuszulwandaandrie@gmail.com
tolong dikirim lanjutannya.
BalasHapusbab 2-5, karena referensi mengenai kelebihan dan kekurangan dari model ini belum saya dapat..
umii.yati@gmail.com
boleh tanya daftar pustaka yang ada metode broken triangle ini apa?, nama buku atau pengarangnya siapa?
BalasHapusliaaprilliani60@yahoo.com
apriliani,khoirunnisa@gmail.com
BalasHapusmohon bantuannya,, :)
ni emailku.. sartikaarifin@gmail.com
BalasHapusmohon bantuannya yah saya butuh banget mengenai broken triangel
maaf ada revisi pada penulisan emailku...ni seharusnya.. sartikaarifin91@gmail.com
Hapusemail saya Fitrahin17@gmail.com
BalasHapusmohon bantuannya
Email saya aankunaevi2@gmail.com mohon bantuannya
BalasHapus