TOP NEWS

Ketika Kamu BERHASIL, Teman-Temanmu Akhirnya Tahu Siapa KAMU...dan Ketika Kamu GAGAL Kamu Akhirnya Tahu Siapa Teman-Temanmu...

Kamis, 08 November 2012

Pengertian Dan Definisi Belajar Menurut Para Ahli

Kemampuan manusia untuk belajar adalah ciri penting yang membedakan jenis manusia dari jenis mahluk lainnya. Melalui belajar dapat memberikan manfaat bagi individu dan juga masyarakat. Bagi individu, dengan kemampuan individu untuk belajar terus menerus memberikan sumbangan pengembangan berbagai gaya hidup. Kegiatan membaca, menulis, bermain musik dan mendaki gunung itu merupakan sedikit contoh kegiatan belajar.

Menurut Hamalik (2011:27) menyatakan bahwa, “Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman (learning is defened as the modification or strengthening of behavior through experiencing)”.

Menurut pengertian di atas terlihat bahwa belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat dan menghafal akan tetapi lebih luas, yaitu mengalaminya sendiri.

Menurut Piaget (dalam Karwono.2010:85) bahwa  “Belajar juga disebut perkembangan. Belajar merupakan proses mengolah informasi dalam rangka membangun sendiri pengetahuannya”.

Hal ini menujukan bahwa keberhasilan individu dalam pengolahan informasi menunjuk pada kesiapan dan kematangan dalam perkembangan pengetahuannya. Kesiapan individu dalam belajar dipengaruhi oleh pengalaman-pengalamannya sehingga dalam proses membangun pengetahuannya akan menjadi lebih cepat.  

Sedangkan menurut Bruner (dalam Kokom 2010:21) mengatakan bahwa: “Proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu konsep, teori, aturan, atau pemahaman melalui contoh-contoh yang ia ketahui dalam kehidupannya ”.

Hal ini berarti bahwa belajar bukan suatu transfer pengetahuan dari guru kepada siswa, yang lebih mengedepankan keaktifan guru, namun disini siswa yang harus aktif dalam suatu proses pembelajaran untuk menemukan konsep setiap materi yang diajarkan agar pembelajaran lebih bermakna.

Dari beberapa pernyataan tersebut maka dapat disimpulkan  bahwa, belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia, yang terbentuk melalui pengetahuan awal atau pengalaman yang bermakna baginya dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.


Pengertian Belajar | Definisi Belajar | Pengertian Belajar Menurut Para Ahli | Kesimpilan Belajar Dari Beberapa Ahli 

3 komentar:

  1. hmmmm manusia brarti tiap hri hrus belajar ??? T.T komen back yaw

    BalasHapus
  2. harus, kewajiban manusia salah adalah belajar

    BalasHapus
  3. templete kyo kepet by spiderboy9130.blogspot.com

    BalasHapus