TOP NEWS

Ketika Kamu BERHASIL, Teman-Temanmu Akhirnya Tahu Siapa KAMU...dan Ketika Kamu GAGAL Kamu Akhirnya Tahu Siapa Teman-Temanmu...

Selasa, 16 Oktober 2012

Proposal Dan Sekripsi Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Pemberian Remidial Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1


Dapatkan Juga Proposal Dan Sekripsi Lainnya:
Contoh Proposal dan Sekripsi Pendidikan, Contoh Proposal dan Sekripsi Pendidikan Matematika, Contoh Proposal dan Sekripsi Pendidikan Fisika, Contoh Proposal dan Sekripsi Pendidikan Bahasa Inggris, Contoh Proposal dan Sekripsi PAI, Contoh Proposal dan Sekripsi Pendidikan Biologi, Contoh Proposal dan Sekripsi Pendidikan Ekonomi, Contoh Proposal dan Sekripsi Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, Contoh Proposal dan Sekripsi Manajemen Informatika, Contoh Proposal dan Sekripsi Perbankan, Contoh, Contoh Proposal dan Sekripsi Menajemen Perusahaan,


BAB I  
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang, demikian bunyi dari UU RI No. 2 Th 1989 tentang UUSPN Bab I pasal No. 1. Sehingga pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang utama dari suatu bangsa karena dengan pendidikan diharapkan para peserta didik berkompeten dalam memajukan bangsa dan negara di masa yang akan datang. Untuk menyiapkan peserta didik yang berkompeten tersebut harus diadakan proses belajar mengajar yang biasa dilakukan dalam pendidikan formal.
Pendidikan formal biasanya dilakukan sekolah. Dalam pendidikan formal guru adalah personal atau komponen yang sangat menentukan bagi keberhasilan atau gagalnya pendidikan itu atau dengan kata lain guru memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan mutu pendidikan. Salah satu upaya untuk mewujudkan hasil pendidikan yang bermutu dapat dicapai melalui proses belajar mengajar yang efektif dan efisien mengacu pada tujuan yang diharapkan.
Proses belajar mengajar merupakan suatu proses serangkaian interaksi antar guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam suatu edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam interaksi tersebut harus ada perubahan tingkah laku dari siswa sebagai hasil belajar. Namun dalam proses belajar mengajar selalu ada siswa-siswa yang lambat memahami materi pelajaran yang diberikan sehingga mengalami kesulitan belajar. Para siswa ini memerlukan penanganan khusus dalam mengatasi kesulitan belajar untuk mencapai penguasaan bahan secara tuntas terhadap setiap mata pelajaran yang diberikan.
Namun demikian karena berbagai sebab, guru banyak yang tidak menangani para siswa yang mengalami kesulitan belajar secara khusus, mereka begitu saja pindah dari satu pelajaran yang satu kepada satuan pelajaran yang berikutnya tanpa menghiraukan siswa yang lamban, kurang mengerti maupun gagal dalam mencapai tujuan instruksional khusus yang hendak dicapai. Didasarkan oleh kenyataan di atas maka dibutuhkan upaya guru untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pemahaman dan kurangnya daya pikir terhadap pelajaran yang diberikan. Sehingga di dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan diharapkan sebagian besar siswa akan dapat mencapai tujuan pembelajaran khusus dan tercapai ketuntasan belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan cara pemberian remedial, karena kegiatan remedial merupakan kegiatan yang dapat dilakukan di luar jam pelajaran sehingga lebih banyak waktu dan lebih mudah bagi guru untuk memperhatikan siswa yang mengalami kesulitan belajar dan begitu pula bagi siswa yang lamban dalam memahami materi akan lebih berkonsentrasi. Sehingga setelah diadakan kegiatan remedial diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap konsep-konsep yang telah dipelajari sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru bidang studi matematika kelas X3 SMA Negeri 1 , didapat informasi bahwa aktivitas belajarnya cukup, ini dapat dilihat karena ada beberapa siswa yang ribut atau kurang memperhatikan pelajaran yang dijelaskan oleh guru khususnya siswa yang duduk di bagian paling belakang dan sebagian besar siswa di bagian depan dapat mengikuti pelajaran dengan aktivitas dan baik. Kemudian guru dalam memberikan latihan soal, siswa diminta untuk membuat kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 siswa dalam satu kelompok, sehingga siswa berperan aktif dalam mengerjakan latihan soal tersebut, kemudian masing-masing kelompok maju ke depan untuk mengerjakan latihan tersebut. Berdasarkan pra survey, bahwa aktivitas siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, maka perlu diadakan remidial pada siswa yang belum mencapai hasil yang optimal. Dari data dokumentasi pada daftar nilai guru matematika kelas X SMA Negeri I  didapatkan beberapa siswa yang tidak tuntas atau di bawah SKBM/KKM (6,0) dengan perincian :
Tabel 1. Persentase Hasil Belajar Siswa
No.
Nilai
Kriteria
Jumlah
Persentase
1.
< 6,0
Belum Tuntas Belajar
23
58
2.
³ 6,0
Tuntas Belajar
17
42
Jumlah
40
100 %

Sumber : Diambil dari daftar nilai ujian  semester 1 bidang studi  matematika kelas X3 SMA Negeri 1  tahun pelajaran 2006/2007.

Hasil belajar matematika siswa masih rendah, hanya 58 % yang mendapat nilai ³ enam dan nilai rata-rata kelas masih rendah sebesar 5,4. hal ini merupakan masalah karena belum terdapat keberhasilan dalam proses pembelajaran. OLeh karena itu perlu diadakan suatu tindakan perbaikan. Kegiatan remedial yang berupa pemberian tugas, mengganti metode mengajar, membaca kembali buku sumber yang mengandung konsep yang sama, penjelasan kembali materi yang telah diajarkan dan pemberian latihan-latihan soal dianggap sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga mendapatkan hasil belajar yang optimal.

B.      Rumusan Masalah
Berdasakan latar belakang masalah maka rumusan masalah penelitian ini adalah:
1)          Apakah pemberian remedial dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas X3 semester ganjil SMA Negeri 1  tahun pelajaran 2007/2008.
2)          Apakah pemberian remedial dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X3 semester ganjil SMA Negeri 1  tahun pelajaran 2007/2008.

C.      Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah:
a)        Untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas X3 semester ganjil SMA Negeri 1  tahun pelajaran 2007/2008
b)        Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X3 semester ganjil SMA Negeri 1  tahun pelajaran 2007/2008

2.      Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran bagi guru dan calon guru khususnya di bidang studi matematika untuk menambah wawasan pada proses pembelajaran agar melakukan pemberian remedial kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

D.      Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah:
1)      Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X3 semester ganjil SMA Negeri 1  tahun pelajaran 2007/2008
2)      Remidial adalah pemberian bantuan dalam proses belajar mengajar yang berupa kegiatan perbaikan yang tersusun secara terprogram dan sistematis.
3)      Kegiatan remedial yang dilakukan berupa mengganti metode mengajar, membaca kembali buku sumber yang mengandung konsep yang sama, penjelasan kembali materi yang sudah dipelajari atau pengajaran ulang, pemberian latihan soal, dan pemberian PR. 
4)      Aktivitas adalah segala sesuatu tingkah laku baik secara psikis maupun secara psikologis yang dilakukan oleh siswa.
5)      Aktivitas siswa yang diukur adalah aktivitas siswa yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung yang terdiri dari memperhatikan atau mendengarkan penjelasan guru atau teman, mengerjakan soal latihan, menulis (sesuai dengan kegiatan pembelajaran)
6)      Hasil belajar matematika siswa ditunjukkan oleh nilai rata-rata formatif yang diberikan selama proses pembelajaran.
7)      Materi pelajaran yang diberikan pada penelitian ini adalah pokok bahasan logika kalimat.

Untuk BAB II, III, IV, dan V Silahkan Hubungi Saya Dengan Meninggalkan Pesan Di Kolom Komentar

2 komentar:

  1. tolong sob bab selanjutnya dan terimakasih atas makalah ini bisa mamfaat buat saya yg lagi belajar membuat proposal.

    BalasHapus
  2. pak.. bagaimana saya melihat bab 2-5 nya?

    BalasHapus